Satpol PP Provinsi Banten mengunjungi perusahaan Posco ICT Indonesia, Posco E & C Indonesia

Diketahui perizinan Tenaga Kerja Asing (TKA) tiga perusahaan di Cilegon sudah lengkap sesuai ketentuan yang ada. Perizinan tersebut yaitu RPTKA, IMTA dan KITAS. Hal ini diketahui saat Tim Terpadu Satpol PP Provinsi Banten mengunjungi perusahaan Posco ICT Indonesia, Posco E & C Indonesia, dan KPMS Indonesia, Jumat (04/06/2021).

RPTKA adalah dokumen tentang perencanaan penggunaan tenaga kerja asing yang harus dimiliki oleh kegiatan investasi (PMA dan PMDN) yang menggunakan tenaga kerja asing dalam kegiatan usahanya. Sedangkan IMTA adalah Izin Memperkerjakan Tenaga Kerja Asing dan KITAS adalah Kartu Izin Tinggal Terbatas yang diberikan kepada Warga Negara Asing yang akan tinggal di Indonesia untuk beberapa bulan. 

Selain perizinan di atas, dokumen kelengkapan seperti pasport pun lengkap dimiliki oleh 106 TKA asal Korea Selatan di tiga perusahaan tersebut.

Tim terpadu dipimpin langsung oleh Ade Syarief Kepala Bidang Penegakan Perundang-undangan Daerah Satpol PP Provinsi Banten dengan 6 anggotanya, di dampingi oleh Pengawas Tenaga Kerja Disnaker Provinsi Banten 1 orang, Denpom III/4 Serang 1 orang, dan Satpol PP Kota Cilegon 1 orang.

Kegiatan ini merupakan bentuk Pengawasan dan Penegakan atas Kepatuhan Badan Usaha dan Perorangan terhadap Perda Provinsi Banten Nomor 1 Tahun  2018 tentang Retribusi Daerah  dan Perda Nomor 2 Tahun 2014 tentang Retribusi Perpanjangan IMTA.

Untuk meningkatkan monitoring dan pengawasan, ke depan diharapkan Satpol PP Provinsi Banten mendapatkan data dan informasi keberadaan TKA secara berkesinambungan.