Simulasi Dapur Umum Anggota Satlinmas Tahun 2020

Simulasi Dapur Umum Anggota Satlinmas Tahun 2020

Untuk mempersiapkan dan menambah pengetahuan dalam melakukan tanggap darurat bencana dalam mempersiapkan makanan untuk para pengungsi.

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Banten melakukan simulasi perbekalan dapur umum bertempat di Lapangan DANDENBEKANG III-44-04/SRG Jalan Raya Cilegon KM.4.5 Taktakan Serang Banten, Senin (16/11) kemarin.

Dalam kegiatan tersebut Bidang Pengembangan Kapasitas dan Perlindungan Masyarakat Satpol PP Provinsi Banten bekerja sama dengan pihak DANDENBEKANG III-44-04/SRG dalam memberikan materi penguatan dalam perbekalan dapur umum tersebut.

Plt. Kasie Satlinmas Satpol PP Provinsi Banten, Dini Abdiani, mengatakan, kegiatan pelatihan perbekalan dapur umum ini dilaksanakan melihat dan belajar dalam penanganan bencana yang terjadi beberapa waktu lalu melanda di Provinsi Banten.

"Untuk melakukan pelatihan kepada rekan-rekan Satlinmas dengan melakukan praktek di lapangan lapangan, tadi kami mulai dengan sifatnya simulasi dalam persiapan dapur umum," ujarnya.

Simulasi ini dilakukan katanya, untuk meningkatkan respon kecepatan para Anggota Satlinmas di Kabupaten maupun Kota dalam menghadapi bencana terjadi, tujuan dari simulasi ini  sifatnya sebenarnya adalah penyegaran, kemudian untuk kesiapan dari rekan-rekan Anggota Satlinmas dalam mengantisipasi seandainya terjadi situasi atau bencana alam di daerah.

“Langkah kami untuk mengukur kesiapan kami dalam menghadapi bencana Covid-19 dan bencana lainnya,” kata Kasat Pol PP, Agus Supriadi.

Anggota Satlinmas yang dilibatkan terdiri dari Kota Cilegon, Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak

"Para Anggota Satlinmas sangat bersemangat dan dilaksanakan dengan baik, buktinya tadi kita lihat sendiri dalam waktu singkat target waktu semua sudah dapat di laksanakan dengan baik. Saya harapkan kedepannya para rekan-rekan Satlinmas kita sudah dapat mempersiapkan perbekalan dapur umum dengan sigap dan cepat dengan apa yang telah di dapatkan dalam simulasi ini," harapnya.

Kepala Bidang Bangtas dan Linmas, Anzis Yunianto mengatakan, tujuan dari pelatihan dapur umum bagi Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ini adalah meningkatkan pelaksanaan tugas dan fungsi Satlinmas di bidang perlindungan sosial, khususnya korban bencana alam. Jadi nantinya akan mempunyai kesamaan persepsi dalam melaksanakan tugas-tugas penanggulangan bencana pada saat tanggap darurat yang merupakan salah satu komponennya adalah pendirian dapur umum lapangan.

"Saya harap Rekan-rekan Satlinmas kedepan dapat melaksanakan tugas-tugas dapur umum lapangan ini sehingga tepat waktu, komposisi gizi, distribusi dan juga citra rasa dari pada hasil dari produksi dapur umum lapangan ini sehingga masyarakat korban bencana khususnya dapat memberikan manfaat bagi mereka di pengungsian atau di shelter-shelter korban bencana alam," tutupnya.(Arz)