Pembinaan fisik dan mental anggota satpol pp prov banten pelatihan kesemaptaan, penanganan evakuasi bencana banjir

Serang - Sebanyak 60 anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Banten, menjalani tes kesamaptaan (kesegaran jasmani) untuk melakukan peringkat guna membentuk pasukan reaksi cepat (pasukan emergency), sekaligus kesiapan sebagai penegak peraturan daerah (perda). Selasa. 18/02/2020.
Kepala Seksi Sumber Daya Aparatur (SDA) Provinsi Banten, Iwan Ridwan, menyebutkan kegiatan tes kesegaran jasmani terhadap 60 anggota satpol PP itu dilaksanakan di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) letaknya di Danau KP3B.

Hal itu penting karena sekarang perlindungan masyarakat ada di bawah tanggung jawab Satuan Polisi Pamong Praja, sebelumnya tugas itu diemban Kesbang Pol Linmas. Hasil evaluasi terhadap tes kesegaran jasmani itu juga bertujuan untuk mengetahui kesiapan secara fisik anggota sat pol PP dalam mengemban tugas sehari-hari seperti yang tercantum dalam tema Kesamapataan.

Tes kesamaptaan tersebut mendatangkan Instruktur dari Satpol PP Kota Tangerang Selatan sebagai tim penguji dengan koordinator lapangan.

adapun materi yang disampaikan pengantar tentang Rescue dan teknik pencarian yaitu dengan Evakuasi;

1. Evakuasi Vertical Rescue

2. Evakuasi River Rescue (Perahu Karet)

3. Evakuasi di Bawah Reruntuhan

4. Teknik Menangkap Ular

Dari pantuan di lapangan, anggota satpol pp ada yang kuat dan tidak kuat melakukan Kegiatan Kesemaptaan. Namun mereka tetap semangat mengikuti evaluasi tersebut.